Sunday, April 21, 2013

SOAL LATIHAN UN IPA FISIKA TAHUN 2013 SKL 8, 9 DAN 10


SKL 8 : Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat
8.1. Perhatikan skema gambar dongkrak hidrolik  berikut !
Agar posisi pengisap antara tabung I dan tabung II  seimbang, maka berat beban yang diberikan pada pengisap II maksimal  adalah ...
A.       10 N
B.       16 N
C.      160 N
D.      200 N

8.2.    Sebuah benda dicelupkan kedalam bejana berisi air tampak seperti gambar!
 Apabila massa jenis air = 1000 kg/m3,  g= 10 m/s2, Volume benda  60 cm3, maka gaya ke atas yang dialami benda tersebut ?
A.       0,02 N
B.       0,2 N
C.      0,6 N
D.      2,0 N

8.2.    Perhatikan gambar berikut !
    Suatu benda berada di dalam air. Jika massa jenis air 1000 kg/m3,             tekanan udara luar 105 Pa, dan percepatan gravitasi di tempat tersebut 10 m/s2, maka tekanan hidrostatis yang dialami benda A adalah … 
            A.          10.000 N/m2                                                           C. 120 N/m2
           B.            1000 N/m2                                                               D. 20 N/m2
 

SKL 9: Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang.
      
9.1. Perhatikan gambar berikut !

Bila waktu bandul untuk menempuh lintasan  A-B adalah 2 sekon, maka besar amplitude dan periode getaran berturut-turut ….
     A.       18 cm dan 2 sekon
     B.       18 cm dan 4 sekon
     C.      9 cm dan 2 sekon
     D.      9 cm dan 4 sekon
 


 
9.2.         Perhatikan gambar berikut !
                                                                   
 




Dari gambar gelombang di atas, besar amplitudo, panjang gelombang dan periode gelombang berturut-turutt
A.              10 cm, 25 cm dan 6 sekon                                       C. 5 cm, 25 cm dan 2 sekon
B.              10 cm, 50 cm dan 6 sekon                                       D. 5 cm, 50 cm dan 2 sekon
         
9.3.         Perhatikan gambar berikut!
Tali sepanjang 150 cm digetarkan dengan frekuensi 5 Hz sehingga menghasilkan gelombang seperti gambar. Cepat rambat gelombang adalah ….
A.       20 cm/s                                   C. 500 cm/s
B.       30 cm/s                                   D. 750 cm/s


SKL 10 : Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
10.1. Beberapa bandul dengan jenis dan ukuran sama digantung dengan menggunakan tali tampak seperti gambar.
jika bandul 1 diayunkan, maka yang terjadi adalah... 
A.       bandul 4 ikut terayun karena frekuensinya sama 
B.       bandul 3 ikut terayun karena talinya terpanjang
C.      bandul 2 ikut terayun karena talinya paling pendek
D.      semua bandul ikut terayun karena saling berkaitan


10.2.      Seorang siswa melakukan percobaan di Lab IPA dengan menggunakan penggaris plastik yang dijepit salah satu ujungnya pada meja seperti tampak gambar berikut:
Ketika penggaris digetarkan hingga menghasilkan 10 getaran setiap detik, namun siswa tersebut tetap tidak mendengar getaran bunyi yang dihasilkan. Hal ini disebabkan ....
A.    dinding lab-IPA tidak dapat memantulkan bunyi
B.    bunyi yang dihasilkan tidak bisa merambat menuju telinga
C.    frekuensi bunyi yang dihasilkan kurang dari 20 Hz
D.     frekuensi bunyi yang dihasilkan lebih dari 20 Hz




No comments:

Post a Comment